Operasional Pengelolaan dan Pengangkutan sampah di Kabupaten Lombok Barat

Foto untuk : Operasional Pengelolaan dan Pengangkutan sampah di Kabupaten Lombok Barat
Share

Gerung, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat melalui Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 melakukan kegiatan pengangkutan sampah di Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Dasan Geres tepatnya di depan Perumahan Pemda Gerung. Kegiatan ini dilakukan setiap hari di pagi hari yang merupakan bagian dari pelayanan persampahan dengan pengangkutan sampah dari TPS ke TPA Kebon Kongok.

Sampai saat ini diperkirakan ada sekitar 153 TPS atau Timbulan sampah yang terdata. Akan tetapi dari total 153 TPS/timbulan sampah yang ada, baru terlayani sebanyak 104 TPS/Timbulan sampah sedangkan 49 TPS/timbulan sampah belum terlayani. Jika dilihat dari jumlah TPS, sekitar 67,97% yang baru terlayani. Hal ini disebabkan keterbatasan armada persampahan yang tersedia dimana sampai saat ini armada yang tersedia khususnya Dump Truck dan Truck Amroll yang beroperasional untu melayani 10 Kecamatan hanya 17 Kendaraan, serta didukung dengan 2 pick up pengangkut sampah.

untuk daerah yang belum terlayani Truck pengangkut sampah untuk sementara digunakan Roda 3 pengangkut sampah yang dioperasionalkan di masing-masing Kecamatan.

Menurut Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Nyoman Sucana, S.Sos Beberapa terobosan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengatasi sampah yang meluber ke Badan Jalan dengan cara merelokasi TPS sementara ke tempat yang lebih kedalam sehingga tidak mengganggu arus kendaraan dan keindahan kota.

Relokasi TPS yang sudah dilakukan untuk tahun 2017 yaitu TPS di daerah Kediri dan akan berlanjut TPS didepan Perumahan Pemda Gerung yang akan segera direlokasi. Untuk TPS yang lain masih dicarikan lokasi yang lebih strategis yang tidak mengganggu kenyamanan masyarakat pada umumnya.                                                                                                     

  

Sambutan