Tupoksi

Berdasarkan Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 72 Tahun 2016 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat, Pasal 2 ayat 1 bahwa Dinas Lingkungan Hidup merupakan unsur pendukung tugas kepala daerah, dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Sedangkan menurut pasal 2 ayat 2 dinyatakan bahwa tugas pokok Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat adalah melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik di bidang lingkungan hidup.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pasal 2 ayat 2 Peraturan Bupati tersebut di atas, maka Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan Rencana Strategis di bidang lingkungan hidup.

  2. Perumusan kebijakan teknis, penyusunan program dan kegiatan bidang lingkungan hidup.

  3. Pemberian dukungan atas penyelenggaran pemerintahan daerah di Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Bidang Tata Lingkungan, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Bidang Penegakan Hukum dan Peningkatan Kapasitas  Lingkungan dan Laboratorium.

  4. Pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang lingkungan hidup.

  5. Pelaksanaan kegiatan penata usahaan Dinas Lingkungan Hidup.

  6. Pembinaan terhadap unit pelaksana teknis Dinas di bidang lingkungan hidup.

  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan Tugas dan Fungsinya.

Sambutan