Visi dan Misi

VISI DINAS LINGKUNGAN HIDUP

Visi adalah gambaran tentang masa depan (future) yang realistik yang ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Visi memberikan arah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif dalam rangka mengemban amanah rakyat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Visi Dinas Lingkungan Hidup ini merupakan penjabaran dari visi Kabupaten Lombok Barat.

Visi Dinas Lingkungan Hidup yaitu :

“Terwujudnya kualitas fungsi Lingkungan Hidup yang berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat”

Visi tersebut ditetapkan dalam kurun waktu 2015-2019 setelah menyerap aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat dan disetujui oleh wakil rakyat melalui DPRD. Visi tersebut menuntut Dinas Lingkungan Hidup Lombok Barat untuk dapat dengan segera mewujudkan kesejahteraan yang didambakan oleh masyarakat, yaitu kesejahteraan dalam pengertian bahwa memberikan daya dukung agar masyarakat mampu mencukupi kebutuhan sandang, pangan, perumahan, kesehatan dan pendidikannya, terpenuhinya rasa aman dalam kehidupan sehari-hari, diperolehnya persamaan derajat di bidang hukum secara adil, serta terjamin hak-hak politik masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi.

MISI DINAS LINGKUNGAN HIDUP

Misi merupakan penjabaran daripada Visi. Misi berfungsi untuk menjelaskan mengapa  suatu organisasi mesti ada, apa yang harus dilakukannya dan bagaimana melakukannya.  Misi Dinas Lingkungan Hidup Lombok Barat adalah:

  1. Merumuskan kebijakan pengelolaan persampahan, sumber daya alam dan lingkungan hidup guna mendukung tercapainya pembangunan berkelanjutan.
  2. Meningkatkan kapasitas lembaga, sumber daya manusia dan instrument pendukung pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup.
  3. Meningkatkan koordinasi dan kemitraan para pemangku kepentingan dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara efisien, adil dan berkelanjutan.
  4. Meningkatkan pengendalian dan pengawasan kerusakan dan pencemaran lingkungan dalam rangka pelestarian fungsi lingkungan hidup
Sambutan