LOGO dlh
Beranda > Berita > Bank Sampah Paman Sam Desa Narmada Kabupaten Lombok Barat Menerima Kunjung…
LINTAS SEKTOR

Bank Sampah Paman Sam Desa Narmada Kabupaten Lombok Barat Menerima Kunjungan Peserta Pelatihan Kebersihan Lingkungan Sanitasi dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Lombok Utara

Posting oleh dlhlobar - 15 Mei 2023 - Dilihat 140 kali

Lombok Barat, Web site DLH Online –  Narmada, Jumat,12 Mei 2023 ,  Kunjungan Peserta Pelatihan Kebersihan Lingkungan Sanitasi dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Lombok Utara ke Bank Sampah Paman Sam Desa Narmada dalam rangka sharing dan belajar sistem pengelolaan sampah di Bank Sampah Paman Sam Narmada.

Dalam kesempatan itu hadir pula Kepala Bidang Pengelolaan Sampah & Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat, Hj. Rahmayati, ST beserta tim mewakili Dinas Lingkungan Hidup sebagai penanggung jawab pembinaan Bank sampah - Bank Sampah di Lombok Barat untuk menyaksikan kegiatan tersebut .

Adapun peserta Pelatihan Kebersihan Lingkungan Sanitasi dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Lombok Utara yang hadir terdiri dari pemerintah desa sebagai pengelola desa wisata, bumdes unit usaha pariwisata dan pokdarwis.

Bank Sampah Paman Sam Desa Narmada, sudah diresmikan sejak tanggal 23 Desember 2011, dengan kepengurusan yang diketuai oleh Hj.Uminingsih, S.Pd. Jenis sampah yg diolah  pada Bank Sampah Paman sam yaitu organik dan anorganik seperti merubah sampah organik menjadi pupuk padat dan pupuk cair, pakan ikan, dedak, menjadi sumber energi dan kompos serta sampah anorganik menjadi beberapa anyaman diantaranya menjadi topi, tempat kacamata, tas dan dompet.

Pada kesempatan tersebut program-program yang ditawarkan sama Bank Sampah Paman Sam yakni program sedekah sampah yg bekerjasama dengan bank sampah pedas NTB, pemberdayaan masyarakat bekerjasama dengan UMKM yg ada di Kabupaten Lombok Barat sesuai hasil komunikasi bersama ketua tim Pelatihan Kebersihan Lingkungan Sanitasi dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Lombok Utara. Harapannya semoga ilmu yg di dapatkan dari bank sampah paman sam tentang pengelolahan sampah bisa di terapkan didesa masing-masing oleh peserta kunjungan dan sebagai ajang silaturrahmi.

 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *