LOGO dlh
Beranda > Berita > Giat Hari Ini, Proses Pembuatan Kompos Di Tpst Senteluk
Layanan Publik

Giat Hari ini, Proses Pembuatan Kompos di TPST Senteluk

Posting oleh dlhlobar - 11 Mei 2023 - Dilihat 210 kali

Lombok Barat, Web site DLH Online – Kamis,11 Mei 2023, Pebuatan kompos dari sampah organik yang dibawa ke TPST senteluk merupakan salah satu kegiatan pengolahan sampah yang dilakukan dengan pemilahan sampah dengan conveyor manual dan pencacahan pupuk kompos.

Conveyor pemilah digunakan untuk memilah sampah aneka jenis menjadi terkatagori an organik dan organik sebelum dilakukan proses pengolahan berikutnya. Dengan ban berjalan perlahan, di kanan dan kiri conveyor ada petugas yang secara manual mengambil sampah anorganik, memudahkan petugas memisahkan jenis sampah, akan diperoleh hanya sampah organik menuju hooper mesin pencacah.

Selain Conveyor prasarana yang digunakan di TPST Senteluk adalah Mesin Pencacah sampah.  Kegunaan mesin penghancur sampah organik adalah untuk mencacah bahan baku kompos menjadi ukuran kecil.Proses pencacahan bahan baku kompos bisa saja dilakukan secara manual jika kapaitsa yang dicacah masih sedikit. Jika bahan baku kompos yang dicacah sudah banyak maka penggunaan Mesin Pencacah kompos sangat diperlukan. Mesin pengolah kompos ini dapat mencacah berbagai bahan sampah organik seperti rumput, daun, ranting kecil,rumput gajah, pelepah pisang, sampah sayur, sampah buah-buahan dan sampah organik lainnnya.

Produksi kompos di TPST Senteluk dari hasil pengolahan sampah organik sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk perkebunan dan pertanian. Sampai saat ini keberadaan TPST senteluk sangat bermanfaat untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Kebon Kongok.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *